Langkah Awal Dalam Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Mengatasi Mesin Mobil Overheat – Kamu pasti pernah mengalami mesin mobil tiba-tiba overheat pada saat perjalanan. Kamu tentu akan merasa khawatir, was-was bingung dan lain sebagainya. Mesin mobil overheat adalah suatu kondisi di mana suhu mesin sudah sangat tinggi dan melebihi suhu optimal dari mesin mobil.

Salah satu penyebabnya adalah perjalanan yang jauh dan mobil tidak di beri waktu untuk istirahat. Atau terdapat masalah pada sistem pendingiinan pada mesin mobil kamu. Nah, untuk itulah dalam artikel kali ini akan di ulas bagaimana langkah awal dalam mengatasi mesin mobil overheat.

Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Mungkin karena terlalu panik jadi tidak memiliki keputusan terbaik yang harus di ambil. Jadi sebaiknya jika mengalami masalah ini kita harus tenang terlebih dahulu dan memikirkan langkah selanjutnya dengan pikiran yang tenang. Berikut ini adalah langkah awal dalam mengatasi mesin mobil overheat yang perlu kamu ketahui.

1.Berhenti di Tempat yang Aman dan Matikan Mesin Mobil

Jika terjadi masalah overheat pada mesin maka segera mencari tempat yang aman untuk melakukan pemberhentian dan mematikan mesin mobil. Hal ini di lakukan agar mesin tidak mengalami kerusakan yang lebih parah lagi. Pastikan juga jarum temperatur suhu mesin.

2.Buka Kap Mobil Agar Mesin Cepat Dingin

Jangan biarkan suhu panas terperangkap di dalam kap mesin. Carilah tuas kecil untuk membuka kap mesin lalu angkat. Kamu harus berhati-hati karena biasanya tuas berada di dekat radiator sehingga tidak jarang orang tersengat oleh panas dari radiator.

3.Jangan Buka Tutup Radiator

Jika kamu membuka tutup bagian radiator di saat suhu mesin masih tinggi maka akan menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi akan lepas dan bisa mengakibatkan luka bakar yang serius pada kulitmu.

4.Periksa Tabung Cadangan Air Radiator

Setiap mobil di pastikan memiliki cadangan air radiator yang terhubung ke bagian atas radiator. Ini akan memudahkan kamu dalam melihat apabila air radiator kurang atau lebih. Jika air kurang maka bisa berakibat fatal untuk mesin mobil. Langkah awal yang bisa di lakukan adalah dengan menambahkan pendingin sampai ke batas garis atas.

5.Periksa Kebocoran Pada Sistem Pendingin

Jika radiator atau bagian kepala silinder rusak, maka mungkin terjadi kerusakan pada sistem pendingin pada mesin. Jika kamu sudah cukup berpengalaman pada mesin mobil kamu bisa mengeceknya sendiri. Namun jika kamu sama sekali tidak paham alangkah baiknya kamu mencari tempat bengkel terdekat.

Nah, itu tadi adalah beberapa langkah awal dalam mengatasi mesin mobil overheat yang perlu kamu ketahui. Jika terjadi masalah seperti ini lebih baik kamu tenang dulu dan berpikir dengan otak yang jernih dan jangan panik. Karena biasanya kepanikan akan membuat kita semakin bingung untuk melakukan langkah apa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *