7 Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Virus Korona

Kebiasaan Baik Untuk Mencegah Virus Korona – Penyebaran virus korona belum berakhir sampai saat ini. Bahkan, jumlah korban yang positif terjangkit virus Covid-19 ini semakin bertambah jumlahnya. Pandemi virus korona yang membuat panik seluruh dunia ini tampaknya masih akan berlanjut hingga beberapa waktu ke depan.

Dengan penyebaran virus korona yang semakin meluas, maka sudah semestinya semua orang lebih mematuhi aturan pemerintah dan protokol kesehatan agar bisa terhindar dari penularan virus korona. WHO sebagai badan kesehatan dunia, telah mengeluarkan sejumlah himbauan bagi semua masyarakat terkait hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus korona.

Kebiasaan Baik yang Dianjurkan WHO Agar Terbebas dari Penularan Korona

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib dilakukan dalam rangka melindungi diri dari paparan virus korona yang semakin merajalela:

1. Sering cuci tangan

Cuci tangan menjadi salah satu cara untuk memutus penyebaran virus atau kuman lainnya. Dengan mencuci tangan, semua debu, kotoran, hingga virus yang menempel di tangan bisa hilang. Pahami cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Gunakan air mengalir dan sabun untuk mencuci tangan minimal selama 20 detik.

2. Patuhi aturan physical distancing

Sejak virus korona mewabah di Indonesia, pemerintah sudah menghimbau semua warga untuk menerapkan aturan physical distancing. Artinya, setiap orang harus menjaga jarak fisik dengan orang lain. Jangan sampai terlalu dekat apalagi ada kontak fisik dengan orang lain, terutama ketika beraktivitas di luar rumah.

3. Jangan menyentuh mulut, mata, dan hidung

Jika tangan dalam kondisi kotor atau belum mencuci tangan menggunakan sabun atau memakai hand sanitizer, maka jangan sesekali menyentuh wajah. Tangan adalah bagian tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan banyak benda, termasuk benda-benda yang dipegang oleh banyak orang. Ini memungkinkan adanya penularan virus dari tangan ke area wajah. Jadi, pastikan tangan dalam kondisi bersih sebelum menyentuh wajah.

4. Patuhi etika batuk dan bersin

Banyak orang yang terbiasa menutup mulut menggunakan telapak tangan ketika batuk dan bersin. Kebiasaan seperti ini sebaiknya segera ditinggalkan dan menggantinya dengan menutup mulut menggunakan siku bagian dalam agar bisa meminimalisir penularan virus melalui sentuhan tangan.

5. Tetap berada di rumah

Jika tidak ada kepentingan yang mendesak di luar rumah, sebaiknya tetap berada di rumah agar lebih aman dari penularan virus korona. Saat beraktivitas di luar rumah dan berpapasan dengan banyak orang, maka tingkat penyebaran virus korona bisa semakin tinggi. Oleh karena itu, pemerintah pun melarang adanya kegiatan atau perkumpulan yang melibatkan banyak orang.

6. Rutin bersihkan benda yang sering disentuh

Gagang pintu, handphone, keyboard, meja, hingga keran air merupakan beberapa jenis benda yang hampir selalu disentuh setiap harinya. Jika benda-benda tersebut kotor, tentu bisa menjadi penular virus saat kita menyentuhnya. Untuk itu, sebaiknya rutin membersihkannya menggunakan desinfektan agar virus dan kuman-kuman yang menempel bisa mati dan tidak menyebarkan penyakit.

7. Pantau informasi akurat tentang perkembangan Covid-19

Selama berada di rumah saja, jangan lupa untuk terus mengikuti berita update tentang perkembangan virus korona di Indonesia. Selain itu, cari tahu berbagai informasi akurat dari penyedia layanan kesehatan mengenai tips dan cara melindungi diri dan keluarga dari ancaman paparan virus korona melalui aplikasi maupun website Halodoc. Disana Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter, membeli obat, menjadwalkan janji dengan dokter, dan banyak fitur canggih di Halodoc.

Nah, itulah 7 cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari kemungkinan penularan virus korona. Selain melindungi diri sendiri, menjalankan protokol kesehatan tersebut tentu bisa melindungi kesehatan orang lain juga. Jadi, sebaiknya patuhi semua aturan pemerintah dan laksanakan protokol kesehatan dengan baik selama pandemi korona.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *