Cara Ternak Lele di Ember

Cara Ternak Lele di Ember Sebagai Bisnis yang Menguntungkan

Cara Ternak Lele di Ember – Lele sebagai salah satunya tipe ikan yang banyak memiliki pecintanya. Ikan air tawar ini mempunyai wujud yang untuk beberapa orang cukup menggelitik tetapi karena rasa dagingnya yang nikmat dan dapat di buat jadi beragam tipe makanan membuat lele ini lebih banyak di sukai orang. Bahkan juga kita dapat secara mudah mendapati beragam olahan lele di warung makan seperti pecak lele dan mangut lele.


Tidaklah aneh bila beberapa orang yang coba budidaya ikan lele sebagai salah satunya kesempatan usaha yang paling prospektif. Apa lagi lele ini termasuk tipe ikan air tawar yang kuat karena gampang menyesuaikan dengan lingkungan baru hingga gampang dalam sisi perawatannya. Nach, untuk kamu yang ingin coba kesempatan usaha di bagian perikanan. Pada artikel ini Buletin coba memberi sedikit panduan bagaimana cara ternak lele pemula supaya cepat panen.

Cara Ternak Ikan Lele di Dalam Ember

Manfaatkan lahhan yang sempit untuk tempat budidaya ikan lele ialah hal yang pas selainnya dapat menambahkan kegiatan supaya masih tetap produktif sekalian bisa juga dijadikan sebagai kesempatan usaha rumahan. Budidaya lele biasanya memang dilakukan pada kolam terpal atau beton yang mempunyai ukuran besar untuk memuat banyak lele.

Namun akhir-akhir ini beberapa orang yang mulai budidaya ikan lele dalam ember dengan argumen kebatasan tempat. Budidaya dalam ember ini benar-benar pas untuk beberapa orang yang tinggal di wilayah perkotaan yang umumnya tidak mempunyai tempat luas. Pada intinya langkah ternak ikan lele dalam ember ini sama dengan ternak di kolam besar namun media yang dipakai lebih kecil yaitu ember.

Disamping itu karena media yang dipakai kecil sudah pasti perawatan yang dilakukan juga semakin lebih gampang dan tidak pakai repot untuk bersihkan kolam yang besar. Ternak lele di dalam rumah bisa juga dijadikan sebagai hoby sambilan yang bisa memberi pendapatan tambahan. Nach, berikut ialah beberapa cara ternak lele di ember plastik secara mudah.

Saat sebelum mengambil langkah lebih jauh pastikanlah kamu telah menyiapkan berbagah hal berikut ini:

  • Persiapkan ember berdiameter 50 cm atau 80 liter.
  • Benih ikan lele yang berkualitas
  • Strimin atau penutup ember, kamu dapat memakai bahan apa saja.


Sesudah semua perlengkapan siap karena itu baru kita dapat mengawali cara ternak lele dalam ember.

Pembikinan Kolam Ember

Tahapan pertama ialah membuat kolam ikan lele dari ember. Bikinlah aliran air dengan membuat lumang pada bagian bawah samping ember. Kamu bisa juga mengimplementasikannya dengan keran ait agar lebih gampang pada proses pembuangannya.

Dalam pada itu untuk perputaran udara kamu dapat memakai filter dari akuarium. Dengan memakai filter akuarium ini karena itu dapat semakin jamin tersedianya suplai oksigen untuk ikan lele yang kamu ternakkan dalam ember.

Proses Pengisian Air

Bila aliran air telah dibuat karena itu cara seterusnya kamu dapat masukkan air ke ember, tetapi tidak boleh terlampau penuh agar ikan lele dapat ambil udara di atas air. Diamkan air sepanjang tiga hari agar air itu tidak terlampau asam.

Bila terlampau asam karena itu kamu dapat menambah garam dapur sekitar satu sendok makan, karena itu dengan demikian pH air akan netral. Ini penting dilakukan agar benih ikan lele dapat mengalami perkembangan secara baik dan tidak ada permasalahan kesehatan pada ikan.

Proses Penyebaran Benih

Proses penyebaran benih ini harus di samakan dengan kemampuan ember yang dipakai supaya tidak ada over capacity. Karena di sini kita memakai ember dengan kemampuan 80 liter karena itu seharusnya cuman menyebarkan benih sekitar 60 ekor ikan lele saja. Untuk menyebarkan benis ke ember kamu dapat ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Masukan plastik yang berisi benih ikan lele ke air sepanjang 10 menit supaya benih dapat menyesuaikan dengan temperatur air dalam ember.
  • Kemudian membuka plastik dan diamkan sepanjang 5 menit sampai semua benih keluar tempat plastik.


Pemberian Pakan Ikan Lele

Langkah ternak ikan lele agar cepat besar dengan memberi pakan yang akurat. Kamu dapat memberi pakan ikan lele dengan bertahap. Di mana saat masih kecil kamu dapat memberi makan sekitaran 4-5 kali dalam satu hari dengan memakai pelet.

Dalam pada itu apabila sudah masuk periode panen karena itu kamu dapat kurangi porsi pakannya yaitu cuman 3x satu hari. Agar nutrisi pada ikan lele kamu bagus, kamu bisa juga memberi pakan yang lain seperti cacing sutera atau sampah makanan rumah tangga yang tidak memiliki kandungan minyak.

Proses Perawatan Ikan Lele

Supaya ikan bisa mengalami perkembangan secara baik karena itu proses perawatan ikan harus dilakukan dengan teratur. Di mana kamu harus menempatkan ember di lokasi yang ada cahaya mataharinya, oleh karena itu di anjurkan untuk memakai penutum ember terbuka agar sinar matahari dapat masuk.

Disamping itu sinar matahari ini baik sekali untuk menahan ikan lele dari penyakit yang di sebabkan oleh hama seperti jamur dan bakteri. Karena secara umum hama tidak menyukasi sinar, hingga ikan lele akan terbebas dari penyakit yang bisa menyebabkan tidak berhasilnya panen.

Proses Panen Ikan Lele

Sesudah menanti sekitaran 3-4 bulan sesudah benih di masukan ke kolam ember karena itu waktunya sekarang kita awali memetik ikan lele. Memetik ikan lele di media ember  lebih gampang daripada dalam kolam terpal. Karena kamu perlu mengalihkan lele ke ember yang berisi air bersih saja.

Kemudian kamu dapat masukkan ikan lele itu ke plastik terbuka yang nanti bisa kamu jual pada orang atau untuk keperluan sendiri misalkan untuk warung dan rumah makan yang kamu urus.

Nach, itu barusan cara ternak lele dalam ember yang dapat kamu urus di dalam rumah dengan tempat yang terbatas. Wah walau dengan tempat yang terbatas di dalam rumah kamu masih tetap dapat budidaya ikan lele bermodal yang kecil tetapi dengan keuntungan yang cukup besar.

Leave a Reply