Cara Mengobati Mual Saat Hamil Muda

5 Cara Mengobati Mual Saat Hamil Muda

Cara Mengobati Mual Saat Hamil Muda. Saat Bunda sedang hamil, mungkin saja pernah mengalami mual terkadang disertai dengan muntah. Dan hal ini sebenarnya hal yang biasa terjadi pada ibu hamil, terutama pada tiga bulan awal kehamilan.


Menurut Dr. Marjorie Greenfield, seorang ahli kandungan sekitar 70 persen perempuan mengalami mual di awal kehamilannya, dan sekitar 50 persennya mengalami muntah. Kondisi mual setiap ibu hamil berbeda-beda, ada yang intensitasnya rendah dan ada juga yang intensitasnya tinggi.

Cara Meredakan Mual Saat Hamil

Jika Bunda mengalami rasa mual atau disertai dengan muntah, bisa diatasi atau setidaknya diminimalisir dengan beberapa cara. Beberapa hal yang bisa bunda lakukan yaitu sebagai berikut :

1. Mencium Aroma Wewangian Segar Dapat Meredakan Mual Saat Hamil

Salah satu penyebab mengapa seorang bumil bisa mengalami mual adalah karena indera penciuman yang sensitif akibat pengaruh hormon esterogen. Ketika mencium aroma yang kurang sedap, biasanya ibu hamil mengalami mual dan rasa yang tidak enak di dada.

Karena hal itulah, bunda perlu mencium aroma wewangian segar. Salah satunya adalah bunga rosemary untuk meredakan rasa mual yang bunda rasakan.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan

Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh bunda untuk meredakan rasa mual karena kehamilan. Yang paling mudah, Bunda bisa mengonsumsi air putih 10-12 gelas per harinya.

Kalau kebutuhan cairan sudah terpenuhi, tubuh akan terhidrasi dengan baik. Dan hal ini membuat rasa mual dan ingin muntah bisa berkurang.

3. Jahe Adalah Makanan Pereda Mual Saat Hamil Muda

Cara meredakan mual saat hamil selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman berbahan dasar jahe. Contohnya yaitu teh jahe ataupun permen jahe.

Jahe bermanfaat untuk meredakan rasa mual bagi ibu hamil. Jika bunda lebih suka makan permen, silakan konsumsi permen jahe dan jika lebih suka minum teh jahe, silakan konsumsi minuman tersebut.

3. Hiruplah Aroma Terapi untuk Meredakan Mual Saat Hamil

Aroma terapi membuat bunda merasa lebih rileks daripada sebelumnya. Namun, Bunda harus memilih minyak esensial yang tepat untuk meredakan mual, bukan justru menambah rasa mual yang ada.


Adapun beberapa minyak esensial yang bisa Anda gunakan antara lain yaitu papermint, searmint, lemon, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Minum Elektrolit

Sebenarnya tak hanya air putih saja yang bisa bunda andalkan untuk mengatasi masalah mual dan muntah karena kehamilan. Tetapi, minuman elektrolit juga bisa bunda manfaatkan setidaknya untuk meminimalisir rasa mual tersebut.

Minum elektronik berguna untuk mencegah dehidrasi sehingga bunda tidak merasa ingin muntah kembali. Dan beberapa minuman elektrolit yang bisa bunda konsumsi antara lain yaitu air kelapa, jus buah, larutan air gula, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Minum Obat dari Dokter

Jika beberapa cara mengobati mual saat hamil muda di atas belum bisa membawa perubahan, Bunda bisa berkunjung ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Biasanya dokter akan memberikan obat jenis anti mual dan obat lambung lainnya. Dan setiap jenis obat ini punya kegunaan masing-masing, maka dari itu bunda tidak bisa sembarangan mengonsumsinya tanpa petunjuk dari dokter.

Jadi itulah Bun beberapa cara meredakan rasa mual yang terjadi karena kehamilan. Jangan lupa untuk selalu banyak istirahat agar masalah mual dan muntah ini tidak terjadi berulang kali.

Leave a Reply