Cara Membuat Ukuran Kertas Di Excel Sesuai Keinginan

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Excel – Salah satu hal yang perlu kita lakukan ketika hendak mencetak hasil kerja di Microsoft Office Excel ialah mengatur ukuran kertas yang tepat. Sayangnya banyak orang yang lupa dengan hal ini, sehingga tidak heran jika ada banyak orang yang merasa kecewa dengan hasil cetakannya karena kurang rapi.

Selain mengatur ukuran kerta, hal lain yang sering dilupakan oleh orang adalah mengatur margin dan orientasi agar hasil cetakan bisa terlihat rapi. Karena seperti yang kita tahu jika Office Excel dan Office Word memiliki pengaturan yang berbeda dalam segi ukuran kertas. Untuk itulah penting rasanya untuk mengetahui bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada Microsoft Excell supaya hasil cetakanmu terlihat rapi.

Cara Membuat Ukuran Kertas Di Excel

Sebenarnya di Office Excel sudah tersedia beberapa jenis kertas yang umumnya dipakai. Hanya saja jika kamu tidak menemukan jenis kertas yang dibutuhkan dengan terpaksa kamu harus mengaturnya secara manual. Adapun jenis kertas yang ada umum ada di Office Excel adalah ukuran kertas A4, B4, C4, R4 dan Letter.

Sementara itu untuk jenis kertas seperti F4 atau folio biasanya tidak tersedia. Untuk itulah di Microsoft Office Excel tersedia fitur untuk mengatur ukuran kertas sesuai dengan keinginan kita. Di lansir dari laman Selembar. berikut ini kami paparkan bagaimana cara mengatur kertas di Office Excel secara manual sesuai dengan keinginan kita..

  1. Jalankan software Office Excel yang ada di desktop kamu.
  2. Jika sudah masuk ke halaman lembar kerja, kamu bisa klik tab Page Layout yang ada di bagian atas. Namun jika kamu menggunakan Office versi terbaru maka kamu bisa memilih tab Layout.
  3. Setelah itu kamu bisa memilih tab Size > More Paper Size.
  4. Karena disini kita akan menambahkan ukuran kertas baru dengan mengaturnya secara manual maka kamu bisa memilih tab Options …
  5. Nantinya kamu akan dibawa ke halaman popup printer default yang terhubung dengan komputer maupun laptop kamu, oleh sebab itu kamu bisa pilih Custome …
  6. Sekarang waktunya kita mengatur ukuran kertas secara manual sesuai dengan keinginan kita. Dalam hal ini kita akan mencoba untuk membuat ukuran kertas F4. Sementara itu untuk ukuran kertas F4 adalah Width 215,0 mm dan Height 330,0 mm.
  7. Jika sudah semua, maka langkah terakhir kamu hanya perlu tekan tombol OK.

Setelah kamu menyimpan lembar kerja, kamu tak perlu repot-repot lagi mengatur kertas secara manual. Karena secara otomatis ukuran kertas yang telah kamu atur akan ditambahkan pada pagian Layout > Size. Sehingga kamu bisa langsung memilih ukuran kertas yang sudah di setting sebelumnya.

Jika ingin hasil cetak semakin rapi, tak ada salahnya jika kamu juga mengatur bagian margin. Jika kamu tidak tahu caranya, kamu dapat mengikuti tutorialnya di bawah ini.

  1. Langsung saja kamu kasuk ke tab Layout dan pilih Margins > Custom Margins.
  2. Sementara itu jika kamu ingin kertas yang dicetak nanti berada di posisi rata tengah secara otomatis, silahkan kamu checklist pada bagian Horizontally dan Vertically pada opsi Center on page.
  3. Untuk melihat hasilnya kamu dapat memilik tombol Print Preview.
  4. Nantinya di halaman Print Preview kamu dapat menampilkan batas margin kertas dengan cara mencentang di bagian Show Margins. Berikutnya, kamu dapat mengatur margin secara manual dengan cara menggeser semua margin.
  5. Jika semua sudah selesai, kamu bisa tekan tombol OK.

Nah, demikianlah pembahasan kami mengenai cara mengatur kertas di Office Excel sesuai dengan keinginan kita. Dengan cara di atas maka kamu tidak perlu khawatir lagi hasil cetakan jadi tidak rapi. Karena setelah mengatur ukuran kertas dan mengatur margin maka dipastikan hasil cetakan kamu akan rapi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *