3 Makanan Khas Pontianak yang Sudah Jarang di Temukan

Makanan Khas Pontianak – Pontianak adalah salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Kota yang berada di Kalimantan Barat ini memiliki banyak sekali hal-hal yang menarik, termasuk salah satunya adalah makanan legendaris. Tentu saja yang namanya makanan legendaris pastilah sulit di temukan.

Selain sulit di temukan tentu rasanya juga sangat khas karena menggunakan bahan-bahan tradisional. Karena menggunakan bahan yang tradisional sudah pasti rasa yang di hasilkan sudah pasti akan membuat kita ketagihan. Nah, di artikel kali ini akan di ulas daftar makanan khas Pontianak yang sudah jarang di temukan.

Makanan Legendaris Khas Pontianak

Semakin langka sebuah makanan tentu akan membuat setiap orang ingin sekali merasakannya. Begitu juga dengan makanan legendaris dari kota Pontianak berikut ini yang bisa memanjakan lidah para penikmatnya.

Di kutip dari situs Berita Pontianak ada tiga makanan khas pontianak yang legendaris dan pastinya sangat memanjakan lidah. Daripada penasaran, yuk langsung simak saja daftarnya di bawah ini.

1.Ce Hun Tiau

Ce Hun Tiau ini termasuk desert alias makanan penutup khas kota Pontianak. Ce Hun sendiri artinya adalah sagu sedangkan Tiau adalah helai. Ce Hun Tiau sendiri adalah makanan sagu yang berbentuk helaian. Jika kamu melihatnya pertama kali tentu yang akan terlintas adalah cendol.

Memang bentuknya mirip cendol, namun lebih halus dan ukurannya lebih kecil. Biasanya dalam satu porsi Ce Hun Tiau di temani dengan kacang merah, gula, santan dan juga bongko. Tak jarang masyarakat juga menambahkan ketan hitam agar lebih lezat. Ce Hun Tiau ini sangat ccok di makan ketika siang hari sebagai pelepas dahaga dan membuat tubuh jadi kembali segar.

2.He Tiau

He Tiau pada dasarnya adalah stik udang yang mirip dengan bakso udang goreng. Rasanya sendiri guruh dan manis. Biasanya He Tiau ini di makan dengan cara di potong kecil-kecil dan di celupkan pada saus merah yang memiliki rasa pedas, asam dan sedikit rasa bawang putih.

He Tiau ini biasa di konsumsi sebagai makanan camilan dan cocok di konsumsi ketika sore hari. Makanan khas Pontianak ini tergolong cukup sulit di temukan, namun kamu masih bisa untuk membuatnya sendiri di rumah.

3.Cha Ko Kue

Cha Ko Kue ini sebenarnya adalah makanan yang cukup unik di mana terbuat dari sebuah adonan tepung terigu yang di potong dadu. Dan kemudian di tumis dengan menggunakan minyak bawang putih, kecap khas Kalimantan dan juga daun kucai.

Selain itu sebagai pelengap,biasanya masyarakat Pontianak juga menambahkan telur sebagai pelengkap Cha Ko Kue ini. Cha Ko Kue ini memiliki rasa yang lebih di doinasi dengan rasa bawang putih dan juga gurih. Masyarakat kota Pontianak biasa mengkonsumsi Cha Ko Kue ini sebagai cemilan di malam hari.

Nah, itu tadi adalah beberapa daftar makanan khas Pontianak yang sudah sangat legendaris dan cukup sulit di temukan. Meskipun menjadi sebuah makanan traisional, namun rasanya tidak kalah lezat jika di bandingkan dengan makanan zaman sekarang ini. Agar tetap bisa di nikmati oleh terus, kita tentu wajib untuk melestarikan makanan legendaris dari Pontianak ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *